10 Maret 2010

Sadarlah Kalian Demi Bangsa Kita "INDONESIA"

Ada banyak negara2 Emerging Market yg berpengaruh di dunia yaitu di wilayah asia, amerika latin ama eropa timur.. spesifiknya, Brazil, Rusia, China, India..
China ama India tuh uda mulai over investment.. investor2 diluar tuh uda mulai cari2 negara2 tujuan investasi lainnya..
pertanyaannya,

APA SIH YG INVESTOR ASING CARI KALO MAO INVEST DI SUATU NEGARA?

MEREKA CARI STABILITY DAN SUSTAINABILITY..


kita harus mbuktiin kl negara kita stabil juga sustainabel.. jangan sk dikit2 demo2, mogok2, dll.. knapa produk china murah pdahal mreka usaha padat karya(ga pake mesin2, tp tenaga kerja)? soalnya mereka ga pernah tuh minta naik2 gaji.. naik gaji tuh bikin cost naik, harga naik terus dah.. daripada minta naik gaji, hemat2 aja lah.. mulai aja coba dari ga NGEROKOK.. bayangin n itung aja lah 1 bungkus rokok sehari itu brapa kl diakumulasiin.. lo pada minta naik gaji itu percuma, karena ujung2nya harga naik juga, n lo bakal kemakmuran yg lo dapet itu sama2 aja, meskipun secara nominal lo lebih kaya, secara riil lo sama aja

kl di indonesia, serikat buruh yg kuat membuat posisi tawar mereka tinggi, buruh bisa minta naik gaji kl ga diturutin pada cengeng mogok.. banyak loh kasusnya dimana serikat
buruh yg terlalu kuat bikin negaranya ga berkembang.. bahkan di beberapa negara lagi krisis, serikat buruhnya masih kaya tai tetep minta naik gaji.. ya makin bobrok lah itu negara..

maka dari itu, tolonglah para elit politik jangan suka mempermasalahkan segalanya.. ambil contoh pansus aja deh.. di presentasinya si Michael Tjoajadi, dia memaparkan dengan bukti grafik bahwa risiko mata uang sama utang kita terhadap luar negri kita tuh menjulang berkali2 lipat waktu krisis global.. kita emang ga kena krisis tapi dampaknya sampe ke indonesia.. mana ada yg mau invest disini kalo gitu caranya.. apalagi kalo ada bank yg ampe bangkrut.. sekecil apapun, kl lg krisis, dampaknya gede bos.. dia bilang kira2 gini:"itu negara kita slamet aja masi dipansus-in.. ntar kl misalnya ga dislamatin, bikin pansus lagi buat nanya knapa century ga dislametin.. ya itulah orang2 politik emang suka debat disini.." mending urusin yang lain deh lo pada.. mikirin tuh rakyatlo, jangan mewah2an, nitip absen ama tidur aja krjaannya di DPR.. gw tau pansus tu tujuannya baik, ngetrack dana yang lari ksana ksini, tp yg di tipi2, mreka uda ga konsisten ama tujuan awal mereka itu..

ada lagi fakta2 menarik.. dulu pas jaman orba, debt-to-GDP kita 100%, artinya, GDP (Gross domestic product) kita jumlahnya sama dengan utang kita kalo kita mo bayar utang kita skaligus.. tapi tentu aja ga ada yg protes.. nah skarang rasionya tinggal 30%an masih aja banyak yg protes.. asal pada tau aja ya, debt-to-GDP inggris tuh 100%an lebih, amrik hampir 100%, jepang uda 200%.. we are better than those countries.. tetep aja diprotes, demo2 minta diturunin.. lo kira gampang apa? banyak yg bilang, jangan liat persentasenya, tapi liat jumlah utangnya.. okelah gw akuin emang kuantitasnya utangnya makin gede.. skarang ilustrasinya gini, dulu lo punya penghasilan 100juta sebulan tapi utanglo juga 100 jta sebulan.. skarang lo penghasilan 100 milyar tapi utangnya 30 milyar.. mana yg lebih lo pilih? setiap negara butuh utang untuk leverage.. asal jangan berlebihan aja..

buat para generasi muda, kalo mo nurunin debt-to-GDP, caranya bukan berdemo, tapi SEKOLAH/KULIAH YG BENER, KERJA YG BENER, PENGHASILAN YG HALAL, dan niscaya rasio debt-to-GDP kita bakal turun, bukan karena utangnya yang dikurangi,tapi karena GDP kita yang meningkat seiring dengan meningkatnya produktivitas lo2 pada..

Mari menuju Indonesia yang lebih baik.
Jangan buat generasi kami lebih memilih mengabdi dinegri orang yang belum tentu kami inginkan, namun dengan dalih rumput tetangga lebih hijau maka kami terpaksa meninggalkan tanah kelahiran kami yang kami cintai dan menjauhkan kami dari orang2 yang kami sayangi dengan alasan EKONOMI & PEKERJAAN.

Saya bukan ahli ekonomi, tp buat anda yg ahli silahkan kasih koreksi yang membangun klo emang ini salah. BT jg lama2 liat TV (Streaming lagi) anak2 sebangsa demo mulu ngemis-ngemis ma pejabat. Iya kalo didenger & dilaksanain...... Kalo cuma dianggap angin lewat....?


 

0 KoMenTaR:

QR Code

My Headlines


Dengan meninggalkan komentar, saya sangat berterima kasih sekali karena dapat menjadikan blog ini berkembang.. terima kasih