Jakarta - Kepopuleran Facebook rupanya membuat sejumlah perusahaan berbondong-bondong merayu situs milik Mark Zuckerberg itu untuk dijual. Peminatnya bahkan para raksasa TI dunia.
Berikut 13 aktivitas penawaran dari 11 perusahaan menurut David Kirkpatricks dalam bukunya 'The Facebook Effect, Fortune' yang dikutip detikINET dari SF Gate, Jumat (14/5/2010):
1. Juni 2004
Diluncurkan pada Februari 2004, Facebook rupanya menarik perhatian seorang pengusaha asal New York. Mark yang saat itu baru berusia 20 tahun menolak tawaran US$ 10 juta dari pengusaha tersebut.
"Dia sama sekali tidak menggrubis tawaran itu," tulis David Kirkpatrick pada bukunya.
2. Friendster
Menurut laporan, salah satu penawar awal Facebook adalah Friendster. Namun kesepakatan itu tidak pernah terjadi.
3. Musim Panas 2004
Menurut laporan Kirkpatrick, beberapa eksekutif Google datang untuk melihat apa ada kemungkinan mereka bekerja sama atau bahkan membeli situs jejaring sosial itu.
4. Maret 2005